Capai Herd Immunity Di Sumut, OJK Dorong Vaksinasi

  • Bagikan
Masyarakat  yang akan melaksanakan vaksin Covid-19 di Lapangan Benteng Medan Minggu (17/10). Sedangkan bawah foto Kepala OJK Regional 5-Sumbagut Yusup Ansori, Senin (18/10). beritasore/ist
Masyarakat  yang akan melaksanakan vaksin Covid-19 di Lapangan Benteng Medan Minggu (17/10). Sedangkan bawah foto Kepala OJK Regional 5-Sumbagut Yusup Ansori, Senin (18/10). beritasore/ist

MEDAN (Berita): Otoritas  Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen mendukung program vaksinasi pemerintah untuk mengakselerasi pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) khususnya di sektor jasa keuangan dan pelaku UMKM sekaligus menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional melalui penyelenggaraan sentra vaksinasi Covid-19.

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Yusup Ansori Senin (18/10) mengatakan sebelumnya OJK berkolaborasi dengan DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut melakukan vaksinasi kepada 5.850 pekerja, masyarakat dan pelajar di 3 Kabupaten dan Kota.

Kali ini selama dua hari pada 16-17 Oktober 2021,  OJK berkolaborasi dengan Gojek Indonesia dan Kodim 0210/Medan melakukan sentra vaksinasi kepada pekerja mitra driver dan juga mitra UMKM (Go-food) di Lapangan Benteng Medan. Total sasaran vaksinasi sebanyak 4.000 orang.

Selain sentra vaksinasi OJK dan Gojek tersebut, pada waktu yang bersamaan, OJK dan Forkom IJK Sumut yang dikoordinir BNI berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan vaksinasi kepada tenaga pengajar dan mahasiswa dengan total sasaran sebanyak 4.000 sasaran vaksinasi.

Program vaksinasi kepada mahasiswa UMSU ini merupakan rangkaian kegiatan vaksinasi dengan total 10.000 mahasiswa di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Yusup Ansori mengatakan OJK dan Bank Indonesia (BI) memperoleh penugasan dari Kementerian Kesehatan untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara, terutama untuk seluruh pegawai di sektor jasa keuangan dan sistem pembayaran beserta keluarganya termasuk nasabah SJK, pelaku usaha, dan masyarakat.

“Rangkaian program vaksinasi dilakukan secara intensif dan masif ke seluruh kabupaten/kota ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi OJK bersama Bank Indonesia dan Industri Jasa keuangan dalam mendukung program vaksinasi pemerintah.

“Tujuannya untuk mengakselerasi pencapaian kekebalan kelompok  atau herd immunity guna mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara,” ujar Yusup.

Sejak bulan Juni 2021, OJK, Forum Komunikasi Insustri Jasa Keuangan  (Forkom IJK) Sumut, Bank Indonesia bersama mitra stakeholders telah melakukan vaksinasi kepada 35 ribu orang (55 ribu dosis vaksin, untuk dosis 1 dan 2) di 33 Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.

“Diharapkan sampai dengan akhir November 2021 vaksinasi kepada 80 ribu orang telah selesai dilakukan untuk dosis 1 dan 2,” katanya. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *