Pentingnya Inovasi Penguatan UMKM di Sumatera Utara

  • Bagikan
Ketua Darma Wanita USU My. Novi Muryanto didampingi Ketua Links USU Ir. Lilis Sukeksi, PhD menyerahkan cinderamata kepada Perwakilan TP. PKK Prov. Sumut dan TP.PKK Prov. Sumbar, Selasa (9/2/2021).Beritasore/Ist
Ketua Darma Wanita USU My. Novi Muryanto didampingi Ketua Links USU Ir. Lilis Sukeksi, PhD menyerahkan cinderamata kepada Perwakilan TP. PKK Prov. Sumut dan TP.PKK Prov. Sumbar, Selasa (9/2/2021).Beritasore/Ist

Medan ( Berita )  : Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis (LINKS) Universitas Sumatera Utara merupakan suatu lembaga yang menginkubasi mahasiswa/i yang memiliki inovasi untuk memproduksi produk-produk yang memiliki nilai harga lebih.

Ketua LINKS USU Ir. Lilis Sukeksi, PhD menjelaskan Lembaga ini berfokus melatih mahasiswanya untuk memproduksi produk-produk inovatif dengan mengutamakan kekayaan sumber daya alam yang ada dalam suatu daerah tertentu guna meningkatkan kesejahteraan perekonomian daerah tersebut.

Lilis Sukeksi yang juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Teknik Kimia USU ini menjelaskan, LINKS USU melakukan pengembangan dan penguatan agar UMKM mampu bersaing

” Setiap tahunnya kita telah mengadakan sejumlah program pelatihan mulai dari packaging produk hingga pemasaran produk,” Jelasnya Saat menerima kedatangan Tim PKK Sumut dan Sumbar di Gallery Artasari, Selasa (9/2)

Ia mengaku, Kondisi pandemi Covid-19 menjadi salah penghambat LINKS USU dalam pemasaran produk, Apalagi para pengunjung tidak bisa berkunjung secara langsung ke Gallery Artsari.

” Kita berharap, Dengan kunjungan dari TP PKK Sumut dan Sumbar ini bisa terjalin kerjasama yang baik dengan Pemprovsu, karena potensi suatu daerah bisa berkembang apabila kepala daerah ikut andil dalam pengembangannya,” Jelasnya.

Melihat potensi LINKS USU dalam pengembangan penguatan UMKM SUMUT, Tim Penggerak PKK SUMUT sangat mengapresiasi produk inovatif yang dihasilkan.

Mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Utara Ny Edi Rahmayadi, Reza Pahlevi menjelaskan PKK Sumut akan mengadakan pelatihan bersama PKK Kabupaten/Kota juga PKK desa bersama LINKS USU untuk menghasilkan produk barang muatan lokal yang inovatif.

” Dalam kondisi Pandemi Covid-19, UMKM yang di Sumut diharapkan harus mampu berinovasi dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada guna menghasilkan produk yang inovatif. yang mana bisa membantu tidak hanya dari segi UMKM namun dari segi kesehatan,” Jelasnya

Ia juga menambahkan pada masa pandemic Covid-19, Tim Penggerak PKK Sumatera Utara bersama Ketua Dekranasda Provinsi telah melaksanakan kegiatan pelatihan promosi berbasis online dan juga membantu permodalan dengan membagikan 600 gerobak untuk ahli usaha pelaku UMKM yang sudah dilengkapi peralatan untuk berjualan.

“Semoga kerjasama Tim Penggerak PKK Sumut bersama LINKS USU bisa berbicara ditingkat nasional, juga Tim Penggerak PKK yang ada di tingkat desa maupun kelurahan mampu berinovasi menghasilkan produk yang inovatif”, Jelas Reza Pahlevi.

Menanggapi Kunjungan TP PKK Sumut dan Sumbar, Mentor UKM di Links USU Anwar Saddat SE, M.Si menyambut baik pertemuan keduabelah pihak itu.

Menurut Anwar yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Manajemen FE USU itu, Langkah TP PKK Sumut Sudah tepat dengan menggandeng Perguruan Tinggi dalam pengembangan kesejahteraan keluarga masyarakat.

” Dengan adanya kolaborasi Pemerintah, Masyarakat, Perguruan Tinggi dan Swasta maka cita-cita Sumut Bermartabat tak mustahil akan diraih,” Ujarnya. (rel/edr)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *