Harimau Kembali Tunjukkan Belang, BKSDA Sumut Pasang Camera Trap di Hutan Siraisan

  • Bagikan
Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI BKSDA Sumut, Darmawan, S.Hut., M.Sc, dan tim usai memasang camera trap di jalan yang diduga kerap dilalui Harimau, Minggu (7/11). (beritasore/Muhammad Satio)
Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI BKSDA Sumut, Darmawan, S.Hut., M.Sc, dan tim usai memasang camera trap di jalan yang diduga kerap dilalui Harimau, Minggu (7/11). (beritasore/Muhammad Satio)

PALAS (Berita) : Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut), memasang camera trap atau penjebak di lokasi Hutan Suaka Margasatwa Barumun di Desa Siraisan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padanglawas (Palas).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI BKSDA Sumut, Darmawan, S.Hut., M.Sc, kepada Berita, Minggu (7/11)  di lokasi mengatakan, tindakan itu untuk memastikan keberadaan Harimau yang sempat dilihat warga secara langsung, Sabtu (6/11).

Tim BBKSDA yang di dampingi Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Koramil 08 Barumun itu, berhasil menemukan jejak pijakan kaki Harimau serta jejak Babi hutan dibeberapa lokasi perkebunan warga.

“Pola jejak yang ditemukan hanya ada satu ekor Harimau dewasa berumur 7 hingga 8 tahun dan berkeliaran dilokasi ini untuk berburu babi hutan,” tegas Darmawan.

Ia mengungkapkan, berdasarkan temuan itu pihaknya memasang camera trap di empat titik untuk memastikan kondisi kesehatan Harimau agar bisa mengetahui langkah yang akan diambil pihaknya. Sebab, apabila harimau terluka akan sangat berbahaya.

Dimana, dalam satu titik ada dua camera, satu pengambil gambar dan satu lagi untuk Vidio pada lokasi yang biasa dilalui dan tempat beristirahat hewan buas itu.

“Gambaran dari jejak Harimau jantan ini kondisinya sehat, tapi kita pastikan dulu melalui camera yang telah dipasang,” ucapnya.

Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin bersama Kepala Desa Siraisan Sakkot Hasibuan, menambahkan dan tetap menghimbau agar warga desa lebih berhati-hati dan lebih waspada dalam beraktivitas sehari-hari sebelum kondisi dipastikan oleh BKSDA Sumut aman. (tio)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *